Laporan engamatan ,Pengaruh Cahaya Matahari Terhadap Pertumbuhan Kecambah




LAPORAN PENGAMATAN
IPA

“Pengaruh Cahaya Matahari  Terhadap Pertumbuhan Kecambah”
X TKJ-B




Kelompok IV

Anggota :                Kholidah                    ( 14  )
                                                              Hairul Anam               ( 09 )
                                                              Dhofir                       ( 04 )
                                                              Moh Rois                  ( 19 )
                                                              Nur Qhomariatus S.    ( 24 )
                                                              Shohib Ramadhani      ( 29 )



SMK Negeri 1 Arosbaya
Tahun Pelajaran 2012-2013



1.      Perumusan Masalah
Apa Pengaruh Cahaya matahari terhadap pertumbuhan kacang hijau.?

2.      Perumusan Tujuan
Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka proposal penelitian Pengaruh Cahaya Terhadap Pertumbuhan dan Perkembangan Tanaman Kacang Hijau ini adalah :
·         Untuk mengetahui pengaruh cahaya matahari terhadap pertumbuhn kacag hijau.

3.      Kajian Teori
Pengertian perkecambahan ini tidak hanya dipakai khusus untuk biji tetapi juga dipakai untuk bagian tumbuhan lainnya. Secara visual dan morfologis suatu biji yang berkecambah, umumnya ditandai dengan terlihatnya akar atau daun yang menonjol keluar dari biji. Sebenarnya proses perkecambahan telah mulai dan berlangsung sebelum peristiwa ini muncul.
Tumbuhnya tanaman dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain :
·         Air
·         Suhu
·         Oksigen
·         Cahaya

Air berfungsi untuk menyiram tanaman agar tetap segar dan tidak layu serta sebagai media reaksi kimia dalam sel, menunjang fotosintesis dan menjaga kelembapan. Bila tanaman kekurangan air, akan mengakibatkan tanaman menjadi kering,kekurangan nutrisi. Kelebihan air juga tidak baik untuk tanaman karena pertumbuhan tanaman akan terhambat dan kemungkinan terburuk tanaman akan mati. Agar tanaman dapat tumbuh dengan baik, suhu di lingkungan tanaman tersebut juga harus ditentukan.

Suhu yang baik untuk tumbuhan adalah 30C. Semakin tinggi suhu yang ada di lingkungan suatu tumbuhan, maka semakin laju transpirasi dan semakin rendah kandungan air pada tumbuhan sehingga proses pertumbuhan semakin lambat dan perlakuan tumbuhan pada suhu yang rendah memacu pertumbuhan ruas yang lebih panjang dari pada perlakuan tanaman di suhu yang tinggi. Fungsi dari suhu sendiri adalah untuk aktivitas enzim serta kandungan air dalam tubuh tumbuhan. Faktor lainnya adalah oksigen. Oksigen tersebar luas di udara. Tanaman tidak akan pernah kehabisan oksigen bila hidup di lingkungan yang bebas. Oksigen berfungsi sebagai respirasi sel-sel akar yang akan berkaitan dengan penyerapan unsur hara.

Bila oksigen yang tumbuhan dapat hanya sedikit, maka pertumbuhan pada tumbuhan akan terhambat karena akan susah dalam penyerapan unsur hara dalam tanah. Faktor terakhir yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman adalah intensitas cahaya. Tanaman yang diletakkan di tempat yang teduh, akan tumbuh dengan        ciri-ciri : berdaun hijau tua, pertumbuhannya lebih lambat namun stomatanya berjumlah sedikit namun ukurannya besar, perakarannya tidak terlalu lebat.

Berbeda dengan tanamana yang ditanam di tempat yang mendapatkan banyak cahaya, maka tanaman itu akan mempunyai ciri-ciri : berdaun hijau muda, stomatanya akan berjumlah banyak namun berukuran kecil, perakarannya lebih lebat dan pertumbuhannya lebih cepat. Beberapa proses dalam perkembangan tanaman yang dikendalikan oleh cahaya antara lain : perkecambahan, perpanjangan batang, perluasan daun, sintesis klorofil, gerakan batang, gerakan daun, pembukaan bunga dan dominasi tunas.

4.      Penyusunan Hipotesis
Tumbuhan biji kacang hijau yang berada dilingkungan yang intensitas cahayanya berbeda akan menghasilkan tinggi yang berbeda. Tumbuhan di tempat gelap akan lebih cepat tinggi daripada tumbuhan yang berada di tempat terang/bercahaya

5.      Metode Penelitian
a.       Jenis Penelitian
-          Jenis penelitian kuantitatif
Penelitian kualitatif adalah peneltian yang menggunakan data kualitatif (data yang berbentuk data, kalimat, skema, dan gambar)

b.      Waktu dan Tempat
-          Senin 26 november sampai jum’at 30 November 2012. Di SMK Negeri 1 arosbaya, kec. Arosbaya.
-           
c.       Variabel
Ø  Variabel Manipulasi
-          Cahaya matahari

Ø  Variabel Respon
-          Perubahan tinggi kecambah setelah beberapa hari

Ø  Variabel Kontrol
-          Menggunakan gelas transparan
-          Ketebalan kapas pada masing-masing gelas plastik sama.
-          Air yang di tuangkan pada gelas sama banyak.
-          Jumblah kacang hijau pada masing-masing gelas plastik adalah 2 buah.

d.      Alat dan Bahan
-          Alat     : Wadah gelas transparan, Kapas, penggaris,
-          Bahan  : Kacang Hijau , Air bersih

e.       Prosedur/ langkah-langkah
-          Siapkan Alat dan bahan.
-          Sediankan 4 Buah gelas plastik dan diberi Nama  (A1 , A2 dan B1, B2).
-          Isi gelas A dan B denga kapas osmetik yang sudh di basahkan.
-          Setelah media siap letakan 2 kacang hijau pada masin-masing gelas.
-          Letakan gelas A1, A2 di tempat terang dan B1, B2 di tempat yg gelap.
-          Ukur tinggi kecamabah dengan penggaris tiap harinya selama 3 hari.

f.       Analisa Data
Rata-rata perubahan


6.      Hasil Dan Pembahasan
a.       Hasil

HST
Panjang (cm)
A
B
A1
A2
B1
B2
I
1  cm
1 cm
1 cm
1,1 cm
II
1,5 cm
2 cm
2,5 cm
4,5 cm
III
3,5 cm
4,5 cm
4,5 cm
6,5 cm
Panjang Total
5,5 cm
6,5 cm
8 cm
13,1 cm
Panjang Rata-Rata
1,8 cm
2,6 cm
2,6 cm
4,3 cm

b.      Pembahasan

Cahaya memegang peranan penting dalam proses fisiologis tanaman, terutama fotosintesis, respirasi, dan transpirasi. Faktor lingkungan (cahaya) sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan kecambah/kacang hijau ini. Cahaya yang selain berpengaruh terhadap proses fotosintesis juga berpengaruh terhadap pertumbuhan setiap organ dan keseluruhan tumbuhan.
Dalam keadaan terang, batang memiliki auksin yang sedikit, karena auksin mengalami kerusakan jika terkena cahaya sehingga pertumbuhan tumbuhan pun terhambat. Tetapi walaupun begitu, tumbuhan dalam keadaan terang memiliki banyak klorofil dan tumbuh berkembang. Sedangkan dalam keadaan gelap, batang memiliki banyak auksin sehingga tumbuh lebih panjang. Tetapi dalam keadaan gelap ini walaupun tumbuh dengan lebih cepat daripada yang terkena cahaya, tumbuhan menjadi pucat karena kekurangan klorofil, kurus, tidak berkembang (mengalami etiolasi), batang membengkok ke arah cahaya dan berumur pendek.
Pada pertumbuhan di tempat teduh, kacang hijau memiliki bentuk yg hampir sama dengan di tempat terang, hanya ukuran batang, daun dan akar yang berbeda. Pada tempat teduh laju pertumbuhan sdikit lebih cepat dibandingkan di tempat bercahaya karena hormon Auksin lebih banyak dimiliki oleh tanaman di tempat ini dibandingkan ditempat terang, sebab tanaman ditempat ini hanya sedikit menerima cahaya matahari. Daunnya agak menguning dan batangnya kurus.


7.      Kesimpulan
a.       Cahaya digunakan tanaman untuk proses fotosintesis.
b.      Tanaman yang kurang cahaya (ditanam di area gelap) batangnya lebih panjang, hal ini karena tanaman berusaha mencari cahaya untuk keperluan fotosintesis.
c.       Tanaman yang cukup cahaya terlihat lebih sehat dan segar.
d.      Daun tanaman-tanaman yang kurang cahaya jauh lebih kecil dan kusam kekuningan dibandingkan dengan tanaman yang cukup cahaya. Daun tanaman yang cukup cahaya lebih lebar, hijau segar.
e.       Pada tanaman yang berada di tempat yang gelap hormon auksin bekerja lebih aktif daripada tanaman yang terkena cahaya, sehingga tanaman yang berada di tempat yang gelap terjadi pemanjangan sel. Di tempat yang terang hormon auksin mudah rusak oleh intensitas cahaya yang tinggi.
f.       Di tempat yang terang pertumbuhan tanaman menjadi terhambat, dan di tempat yang gelap terjadi etolasi (pemanjangan diujung melekuk).
g.      Jadi, hormon mempercepat pertumbuhan batang dan cahaya menghambat pertumbuhan.


8.      Lampiran

Anda membaca artikel Laporan engamatan ,Pengaruh Cahaya Matahari Terhadap Pertumbuhan Kecambah dan anda bisa menemukan Anchor Text artikel dengan url https://dhofirpm.blogspot.com/2012/12/laporan-engamatan-pengaruh-cahaya_5795.html.


Backlink here..

Description: Laporan engamatan ,Pengaruh Cahaya Matahari Terhadap Pertumbuhan Kecambah Rating: 4.5 Reviewer: Dhofir Portrait - ItemReviewed: Laporan engamatan ,Pengaruh Cahaya Matahari Terhadap Pertumbuhan Kecambah


DhofirPM - 2:09:00 PM


 
close
close

© 2010 DhofirPM | Free Download Software All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info

Social Monkee